RSS

PROSES PEMBENTUKAN CREDIT UNION

17 Agu

Credit Union dimulai melalui pendidikan, berkembang melalui pendidikan, dan bergantung pada pendidikan. Ingat, pendidikan, dan bukan uang! Berikut ini beberapa tahap yang harus kita lewati untuk memulai gerakan Credit Union.

1. Sosialisasi dan Penyadaran
Sosialisasi dan penyadaran diperlukan untuk pengenalan visi dan misi gerakan, serta pemaparan seluk beluk Credit Union. Arah yang dituju adalah munculnya wacana baru tentang hidup dan bagaimana menjalaninya. Agar tidak terjadi pembiasan dan penyempitan di sana sini, maka kegiatan ini harus difasilitasi oleh orang yang sungguh-sungguh mengenal dan mempunyai pengalaman dalam gerakan Credit Union.

2. Pendidikan Pengurus
Seperti layaknya sebuah lembaga atau organisasi, Credit Union juga memerlukan penanganan yang profesional. Tujuannya adalah agar gerakan Credit Union bisa tahap demi tahap semakin mengembangkan mutu atau kualitas hidup sesama yang menjadi anggota Credit Union. Untuk itu apa yang disebut dengan pendidikan dan pelatihan bagi para pengurus Credit Union merupakan suatu keharusan. Bentuk pendidikan dan pelatihan yang paling praktis dan mudah ditempuh adalah dengan cara magang di Credit Union yang sudah mantap gerakannya.

3. Recruitmen Anggota
Gerakan Credit Union merupakan gerakan yang terbuka terhadap siapa saja. Syarat utama untuk menjadi anggota Credit Union adalah memiliki komitmen untuk sungguh-sungguh membangun dan mengembangkan diri dan sesamanya, berani mengedepankan sikap solider, berani membangun paradigma baru untuk membangun hidup yang lebih bermutu. Rentetan syarat ini bisa ditumbuhkan melalui pendidikan sebelum menjadi anggota, dan pendidikan yang akan dilakukan secara berkala selama menjadi anggota.

4. Pendidikan Pengurus dan Anggota
Pendidikan bagi para pengurus dan anggota akan terus berlangsung. Program ini dilakukan antara lain agar para pengurus dan anggota semakin lama semakin memiliki kedalaman paradigma, kedalaman sikap, keterampilan, dan militansi dalam memperjuangkan hidup dan masa depannya.

 
1 Komentar

Ditulis oleh pada Agustus 17, 2008 in PEMBERDAYAAN

 

One response to “PROSES PEMBENTUKAN CREDIT UNION

  1. bambang setiyanto

    Januari 3, 2009 at 11:21 am

    saya sepaham dengan artikel bapak / saudara, dan saya sangat berharap banyak literatur mengenai credit union. mohon info lebih lanjut mengenai hal ini.
    terima kasih…

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: