RSS

SELAMAT DATANG

KEGEMBIRAAN DAN HARAPAN, duka dan kecemasan orang-orang zaman sekarang, terutama kaum miskin dan siapa saja yang menderita, merupakan kegembiraan dan harapan, duka dan kecemasan para murid Kristus juga. Tiada sesuatupun yang sungguh manusiawi, yang tak bergema di hati mereka. Sebab persekutuan mereka terdiri dari orang-orang, yang dipersatukan dalam Kristus, dibimbing oleh Roh Kudus dalam peziarahan mereka menuju kerajaan Bapa, dan telah menerima warisan keselamatan untuk disampaikan kepada semua orang. Maka persekutuan mereka itu mengalami dirinya sungguh erat berhubungan dengan umat manusia serta sejarahnya. (GS. artikel 1).

Gaudeum et Spes, sebagai salah satu dari sekian banyak dokumen Ajaran Sosial Gereja (ASG), memberikan gambaran yang komprehensif mengenai tugas panggilan hidup setiap manusia. Setiap manusia dipanggil, dengan segala keunikan dan talenta yang dimilikinya, untuk terlibat secara nyata dalam upaya pemanusiaan sesamanya yang miskin dan terlantar. Mengapa kaum miskin dan terlantar? Karena mereka sseringkali berada dalam kondisi yang tidak berdaya dan juga diperdaya oleh sesamanya dan oleh situasi yang melingkupi dirinya.

Ruang ini pertama-tama dimaksudkan sebagai sarana atau wadah untuk mensosialisasikan aneka ajaran sosial Gereja. Sekaligus sebagai wadah untuk mengungkapkan aneka bentuk refleksi, pemikiran, uneg-uneg, atau apapun bentuknya, yang berhubungan dengan situasi sosial dan keterlibatan dalam kehidupan sosial. Saya mengundang siapa saja untuk mengambil peran aktif dalam wadah ini, agar wadah ini dapat menjadi piranti bagi terwujudnya tatanan sosial yang lebih adil, sejahtera, solider, dan merepresentasikan sikap menunjung tinggi martabat manusia.


 

Komentar ditutup.

 
%d blogger menyukai ini: